Monday, May 9, 2011

Khasiat Jahe


Jahe telah digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit selama berabad-abad. Rimpangnya biasa dipakai untuk bumbu dapur, pemberi aroma dan rasa pada makanan maupun minuman. Sekarang, ilmu pengetahuan sedang mengejar dan para peneliti di seluruh dunia menemukan bahwa keajaiban manfaat jahe dalam pengobatan segala sesuatu dari kanker hingga migrain.

Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Di cina, jahe kering telah dipakai sebagai bahan baku obat oleh seorang tabib yang hidup pada zaman kaisar Shen Nong, yang hidup 2000 tahun sebelum masehi. Di cina juga di temukan dua buku kedokteran yang pertama kali membahas khasiat jahe segar pada tahun 500 masehi. Selain di negeri
tirai bamboo, yang dikabarkan telah mengenal jahe 2000 tahun sebelum masehi adalah india.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe adalah Zingiber officinale yang diberikan oleh William. Selain rasanya yang pedas dan bisa menghangatkan tubuh, jahe banyak mengandung zat - zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berikut ini sepuluh manfaat kesehatan dari ramuan kuat.

Pengobatan Kanker Ovarium
Jahe mungkin bisa sebagai senjata efektif dalam terapi kanker ovarium. Sebuah studi yang dilakukan di Comprehensive Cancer Center University of Michigan menemukan bahwa bubuk jahe menginduksi kematian sel di semua sel kanker pada ovarium yang terkena.

Pencegahan Kanker Colon
Sebuah studi di University of Minnesota menemukan jahe dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker kolorektal.

Mual di Waktu Pagi Tanda Kehamilan
Sebuah tinjauan dari beberapa studi telah menyimpulkan bahwa jahe sama efektifnya dengan vitamin B6 untuk mengatasi mual di waktu pagi yang biasa dialami oleh ibu hamil.

Terapi Motion Sickness
Jahe telah terbukti menjadi obat yang efektif untuk mual yang berkaitan dengan motion sickness.

Mengurangi Nyeri dan Peradangan
Satu studi menunjukkan bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan merupakan obat penghilang rasa sakit alami yang kuat. Jahe telah dikenal untuk mengurangi peradangan pada sendi dan jaringan otot untuk orang yang menderita arthritis atau rematik.

Meredakan Nyeri Lambung
Jahe telah lama digunakan sebagai obat nyeri lambung alami. Yang sering digunakan untuk tujuan ini dalam bentuk teh jahe.

Pencegahan dan Pengobatan Pilek serta Flu
Jahe telah lama digunakan sebagai pengobatan alami untuk pilek dan flu. Banyak orang juga menemukan jahe untuk dapat membantu dalam kasus pilek, flu, dan keracunan makanan, yang tidak mengherankan mengingat jahe memiliki efek positif pada saluran pencernaan.

Membantu Pencernaan
Jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak. Penggunaan jahe sebagai bantuan pencernaan bisa disebabkan adanya gingerols dan shogaols, yang membantu menetralkan asam lambung, meningkatkan sekresi cairan pencernaan dan nada otot-otot saluran pencernaan.

Mengatasi Migrain
Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat memberikan bantuan migrain karena kemampuannya untuk menghentikan prostaglandin dari menyebabkan rasa sakit dan peradangan di pembuluh darah.

Kram menstruasi
Dalam pengobatan Cina, jahe teh dengan gula merah digunakan dalam pengobatan kram menstruasi.

Pencegahan Gagal Ginjal pada Penderita Diabetes
Sebuah studi yang dilakukan pada tikus yang terkena sakit diabetes menemukan bahwa tikus-tikus yang diberi jahe lebih sedikit yang menderita gagal ginjal.

0 komentar: