Monday, May 30, 2011

10 Manfaat Apel Bagi Kesehatan





Apa sebenarnya manfaat kesehatan dari apel? Berikut ini sepuluh alasan mengapa apel sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Perlindungan Tulang
peneliti Perancis menemukan bahwa phloridzin disebut flavanoid yang ditemukan hanya dalam apel dapat melindungi wanita pasca-menopause dari osteoporosis dan juga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Boron, bahan lain dalam apel, juga memperkuat tulang.

Asma
Salah satu studi baru-baru ini menunjukkan bahwa anak-anak pengidap penyakit asma yang minum jus apel setiap hari dapat mengurangi penyakit asma yang dideritanya daripada anak-anak yang minum jus apel hanya sekali per bulan. Studi lain menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu
yang makan banyak apel selama kehamilan memiliki tingkat asma lebih rendah dibandingkan anak yang ibunya sedikit makan apel.

Pencegahan Alzheimer
Sebuah penelitian pada tikus di Cornell University menemukan bahwa quercetin dalam apel dapat melindungi sel-sel otak dari jenis kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Turunkan Kolesterol
Pektin dalam apel menurunkan LDL ("buruk") kolesterol. Orang yang makan dua buah apel per hari dapat menurunkan kolesterol sebanyak 16 persen.

Pencegahan Kanker Paru
Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 10.000 orang, mereka yang makan apel yang paling memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena kanker paru-paru. Para peneliti percaya hal ini disebabkan tingkat tinggi dari flavonoid quercetin dan naringin dalam apel.

Pencegahan Kanker Payudara
Sebuah studi Cornell University menemukan bahwa tikus yang makan satu apel per hari mengurangi risiko kanker payudara sebesar 17 persen. Tikus makan tiga apel per hari mengurangi resiko mereka dengan 39 persen dan keenam makan apel per hari mengurangi resiko mereka dengan 44 persen.

Pencegahan Kanker Colon
Satu studi menemukan bahwa tikus yang diberi ekstrak dari kulit apel memiliki resiko 43 persen lebih rendah dari kanker usus besar. Penelitian lain menunjukkan bahwa pektin dalam apel akan mengurangi risiko kanker usus besar dan membantu mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

Pencegahan Kanker Hati
Penelitian menemukan bahwa tikus yang diberi ekstrak dari kulit apel memiliki resiko 57 persen lebih rendah dari kanker hati.

Manajemen Diabetes
Pektin dalam apel pasokan asam galacturonic dengan tubuh yang menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin dan dapat membantu dalam pengelolaan diabetes.

Berat Badan
Sebuah penelitian di Brazil menemukan bahwa wanita yang makan tiga apel atau pir per hari dapat menurunkan berat badan.

0 komentar: